Pendidikan anak usia dini memiliki fungsi utama
mengembangkan semua aspek perkembangan anak, meliputi perkembangan kognitif,
bahasa, fisik (motorik kasar dan halus), sosial dan emosional.
Berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan
yang sangat kuat antara perkembangan yang dialami anak pada usia dini dengan
keberhasilan mereka dalam kehidupan selanjutnya. Misalnya, anak-anak yang hidup
dalam lingkungan (baik di rumah maupun di KB atau TK) yang kaya interaksi
dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar akan terbiasa mendengarkan dan
mengucapkan kata-kata dengan benar, sehingga ketika mereka masuk sekolah,
mereka sudah mempunyai modal untuk membaca.
Sehubungan dengan fungsi-fungsi yang telah dipaparkan
tersebut, maka tujuan pendidikan anak usia dini dapat dirumuskan sebagai
berikut :
1. Memberikan pengasuhan dan pembimbingan yang memungkinkan
anak usia dini tumbuh dan berkembang sesuai dengan usia dan potensinya.
2. Mengidentifikasi penyimpangan yang mungkin terjadi,
sehingga jika terjadi penyimpangan, dapat dilakukan intervensi dini.
3. Menyediakan pengalaman yang beranekaragam dan
mengasyikkan bagi anak usia dini, yang memungkinkan mereka mengembangkan
potensi dalam berbagai bidang, sehingga siap untuk mengikuti pendidikan pada
jenjang sekolah dasar (SD).
Untuk informasi selengkapnya, bisa dibuka laman resmi
Direktorat PAUD di http://paud.kemdikbud.go.id/main
0 komentar:
Posting Komentar