Foto:Ilustrasi.
Sesuai dengan KBK TK pengembangan kemampuan mengenal nilai dan moral agama bertujuan agar anak dapat mengenal penerapan tatacara beribadah atau berdoa sesuai agamanya, dan membiasakan mereka untuk hidup sesuai aturan agama, tentunya sesuai dengan tingkat pemahaman anak TK.
Sesuai dengan KBK TK pengembangan kemampuan mengenal nilai dan moral agama bertujuan agar anak dapat mengenal penerapan tatacara beribadah atau berdoa sesuai agamanya, dan membiasakan mereka untuk hidup sesuai aturan agama, tentunya sesuai dengan tingkat pemahaman anak TK.
Kemampuan Fisik Motorik Anak
Hafidin, dkk menguraikan bahwa untuk pengembangan kemampuan
motorik kasar anak , guru terencana dapat mengajak anak untuk melakukan gerakan
dan permainan serta keghiatan yang membantu meningkatkan perkembangan
keterampilan. Kegiatan ini dapat diiringi musik atau irama. Termasuk dalam
kegiatan ini adalah melompat, memanjat, melalui rintangan, berguling. Kegiatan
permainan sebaiknya melibatkan seluruh kelompok anak dan membuat anak-anak
bergerak.
Kemampuan Bahasa Anak
Perkembangan bahasa anak TK masih jauh dari semprna. Namun
demikian potensinya bisa dirangsang lewat komunikasi yang aktif dengan
menggunakan bahasa yang baik dan benar. Kemampuan bahasa anak TK dapat
ditumbuhkan dengan membacakan cerita, berita atau surat untuknya atau bermain
tebak-tebakkan kata, mendongeng dengan alat peraga atau membuat pertanyaan –
pertanyaan yang harus dijawab anak. Keterampilan berbahasa anak harus diasah
sejak dini, anak dapat diarahkan untuk belajar menyimak, membaca, menulis, dan
berbicara.
Kemampuan Seni Anak
Kemampuan kemampuan seni bertujuan agar anak dapat
menciptakan sesuatu berdasarkan hasil imajinasinya, mengembangkan kepekaan, dan
menghargai hasil seni.Aktivitas seni unyuk anak TK yang lain adalah kegiatan
bermain musik, kegiatan bernyanyi, dan kegiatan menari. Bermain musik juga
dapat meningkatkan koordinasi mata tangan dan keterampilan motorik anak.
0 komentar:
Posting Komentar